Selasa, 10 Februari 2015

IT

PEMANFAATAN IT

Teknologi 
 Pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.

Informasi 
 Berita dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya

Teknologi Informasi 
 Suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

informasi yang berkualitas
Informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Manfaat IT

A.        Untuk Bisnis dan Perusahaan
teknologi informasi dapat digunakan untuk memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisni smeskipun tidak berada di tempat dan bertatap muka. 
CONTOHNYA : Teleconference

1.      IT dapat memperluas pangsa pasar.
2.      IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
3.      IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
4.      IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
5.      IT dapat memberikan peluang bisnis baru.

B.      Untuk dunia pendidikan
teknologi informasi dapat digunakan untuk bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar mendapatkan tambahan atau mengembangkan materi yang dipelajarinya Selain itu teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya. 
CONTOHNYA :  E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.

1.      alat model sistem pembelajaran
2.      sumber informasi ilmu pengetahuan
3.      media pembelajaran multimedia
4.      sarana pengembangan tenaga pengajar supaya lebih profesional

C.      untuk Kehidupan Sehari Hari

1.      Menambah ilmu pengetahuan.
2.      Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
3.      Lebih praktis
4.      Menambah jaringan teman.
5.      Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.
6.      Mempermudah komunikasi
7.      Sebagai tempat promosi barang dagang
8.      Memudahkan dlm bidang kesehatan
9.      Membantu dalam petunjuk arah

Manfaat lainnya

A.      Bidang sains
Teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan cuaca. CONTOHNYA : memprediksi hujan, dapat meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.

B.      Bidang teknik/rekayasa
Teknologi informasi dapat digunakan untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. CONTOHNYA: Auto Cad, Corell Draw, Ms Project

C.      Bidang Ekonomi
Teknologi informasi dapat digunakan untuk mempublish usahanya melalui internet.

D.     Bidang Administrasi Umum
Teknologi informasi dapat digunakan untuk menghemat waktu dan biaya serta kegiatannya lebih efektif karena dengan kemajuan teknologi, kegiatan yang tadi nya dikerjakan secara manual sudah bisa dikerjakan dengan komputer

E.      Bidang perbankan
Teknologi informasi dapat digunakan untuk Transaksi Bank yang sangat banyak

F.       Bidang Pemerintahan
Teknologi informasi dapat digunakan untuk Pembuatan web atau situs pemerintahan akan memudahkan masyarakat luas mengetahui informasi mengenai pemerintahan.

G.     Bidang Kesehatan
Teknologi informasi dapat digunakan untuk alat pendeteksi jantung untuk mengecek kondisi jantung dan USG bagi ibu hamil dalam memantau perkembangan janin yang dikandung

H.     Bidang Industri / Manufaktur
Teknologi informasi dapat digunakan untuk pekerjaan mesin-mesin dengan sistem terkomputerisasi sekarang ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan manufaktur

I.        Bidang Transportasi
Contoh : GPS merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi dalam bidang ini. Dengan dipasangnya GPS di mobil para pngendara mobil dapat dengan mudah menentukan lokasi yang dituju.

J.        Bidang Pertahanan dan Keamanan
Teknologi informasi dapat digunakan untuk mendeteksi dengan pemasangan radar yang akan memantau perlintasan luar yang masuk baik melalui darat, air maupun laut

K.      Bidang Permainan
Teknologi informasi dapat digunakan untuk para penggemar game baik online maupun offline sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam game yang baru hasil dari kecanggihan teknologi.

Masalah dalam penggunana teknologi informasi

A.      Penggunaan komputer yang bertujuan untuk memperingan dan mempercepat pekerjaan,di sisi lain bisa menimbulkan pengangguran, karena beban pekerjaan semakin berkurang dengan adanya komputer.
B.       Adanya kemungkinan penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi. Kemudahan pengelolaan informasi dalam bentuk pangkalan data memberi peluang untuk memindahkan data yang tadinya milik pribadi atau rahasia dapat diakses oleh orang lain.
C.      Perlindungan terhadap hak cipta seseorang sulit diwujudkan. Sebuah karya atau kumpulan data dapat dengan mudah dikopi dan dimiliki oleh orang lain tanpa seizin pemilik informasi tersebut. Terlebih jika tujuannya digunakan untuk mencari keuntungan pribadi.
D.     Ketergantungan pada komputer menimbulkan kelemahan bila listrik mati atau komputer terserang virus, maka data tidak dapat diakses.
E.      Ketidakmampuan sumber daya manusia dalam menguasai teknologi dapat menimbulkan kendala dan memunculkan anggapan bahwa teknologi justru menghambat pekerjaan.

Peran teknologi informasi menurut G.R. Terry, ada 5 peranan mendasar, yaitu :
A.      Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
B.      Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi
C.      informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
D.     3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.
E.      Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
F.       Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.


INFORMASI LAINNYA
BACA JUGA ...
IT (Informasi Teknologi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar