Selasa, 10 Februari 2015

KKPI

CONTOH SOAL

1.      Sebutkan pembagian IP Address!
Jawab:
            IP Addres dibagi ke dalam :
-          IP Addres  kelas A : digunakan untuk jaringan WAN, Ip address nya pada bagian pertama antara 0-127,  dan yang merupakan Net ID nya yaitu 1 bagian yang pertama. Subnet mask nya 255.0.0.0diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar.
-          IP Address Kelas B : biasanya digunakan untuk jaringan MAN, Ip address nya pada bagian pertama antara 128-191, dan yang merupakan network ID nya yaitu 2 bagian pertama. Subnet masknya 255.255.0.0 biasanya dialokasikan untuk jaringan berukuran sedang dan besar.
-          IP Addess  Kelas C : biasanya digunakan untuk jaringan LAN, Ip address nya pada bagian pertama antara 192-223, dan yang merupakan network ID nya yaitu 3 bagian pertama. Subnet masknya 255.255.255.0 awalnya digunakan untuk jaringan berukuran kecil .
-          IP Addess  Kelas D: biasanya digunakan untuk keperluan multicasting. IP address nya pada bagian pertama antara 224-247. Dalam multicasting tidak dikenal network ID dan host ID
-          IP Addess  Kelas E : biasanya digunakan untuk keperluan umum. IP address nya pada bagian pertama antara 248-255.

2.      Sebutkan dan jelaskan manfaat jaringan komputer!
Jawab :
 jaringan komputer yaitu kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu
manfaat jaringan komputer :
-          Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama.
-          Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan
-          Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

3.      Jelaskan tentang topologi bus, beserta kelebihan dan kekurangannya !
Jawab :
Pada topologi bus semua komputer dihubungkan dengan menggunakan satu jalur kabel sebagai media transmisinya.  Jika seorang pengguna komputer mengirimkan pesan ke komputer lain maka pesan tersebut ditransmisikan lewat kabel tersebut
                        Kelebihan :
-          Hemat kabel
-          Layout kabel sederhana
-          Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
Kekurangan :
-          Deteksi dan isolasi kesalahan sangat sulit
-          Kepadatan lalu lintas pada jalir utama
-          Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel  pusat, maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan

4.      Jelaskan perbedaan antara hub dan switch !
Jawab :
1.       Perbedaan Hub dan Switch  terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
2.       Pada sebuah HUB hanya memiliki satu collision control untuk semua port yang ada sedangkan switch setiap port memiliki colloision control sendiri-sendiri. (collision control yaitu pengontrol transmisi data atau informasi dalam kabel jaringan LAN agar tidak terjadi tabrakan data).
3.       Pada HUB apabila semakin besar jumlah port yang disediakan maka akan semakin lambat proses transmisi data yang terjadi, sedangkan pada switch banyaknya jumlah port tidak membebani collision control karena setiap port memiliki collision control sendiri.
4.        Port pada HUB hanya 4 sampai 12 port sedangkan switch lebih banyak portnya.
5.       Jika dilihat dari segi keamanannya Switch lebih ketat keamanan nya dibandingkan HUB
6.       Kecepatan transfer data switch jauh lebih cepat dibandingkan HUB 
7.       Dilihat dari segi ekonomisnya sudah pasti hub lebih murah harganya dibandingkan dengan switch yang lebih mahal

5.      Media tranmisi dibagi menjadi  berapa ? jelaskan !
Jawab :
Media transmisi dibagi menjadi 2 yaitu :
-          Jaringan kabel (wireline Network)
 Jaringan kabel merupakan jaringan yang menggunakan media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer-komputer  yang ada pada jaringan tersebut.
-          Jaringan tanpa kabel (wireless Network
Jaringan tanpa kabel merupakan jaringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghubungkan antara satu komputer  dengan komputer lainnya untuk saling terhubung. Biasanya jaringan ini menggunakan bantuan  satelit.

6.      Jelaskan jenis jaringan berdasarkan areanya !
Jawab :
1.       LAN (Local Area Networking)
 jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya yang mencakup area terbatas, seperti dalam satu ruang, satu gedung. Biasanya luas jangkauan LAN dapat mencapai 1 Km2.
2.       MAN (Metropolitan Area Networking)
 pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja jangkauan wilayahnya lebih luas dibandingkan LAN dan biasanya menghubungkan dua atau beberapa LAN yang berdekatan. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama. Jaringan ini umumnya menggunakan gelombang radio.
3.       WAN (Wide Area Networking)
suatu jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antar kota, provinsi, negara bahkan antar benua. WAN biasanya dihubungkan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dengan bantuan satelit.

7.      Apakah fungsi dari repeater !
Jawab :
Fungsi Repeater
-          Memperluas sinyal dari server.
-          Mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari server (Pemancar).
-          Mempermudah akses sinyal WIFI dari server.
-          Meneruskan dan memperkuat sinyal.
-          Mempermudah pengiriman data ataupun informasi 
-          Tidak perlu membangun jaringan kabel yang sangat panjang

8.      Menurut anda topologi apa yang baik digunakan untuk jaringan di lab komputer, jelaskan !
Jawab :
            Topologi star atau topologi bintang karena jika terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan tersebut hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server sehingga jaringan yang lainnya tidak akan mengalami gangguan.

9.      Jelaskan fungsi dari modem ?
Jawab :
            fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

10.  Jelaskan jenis jaringan MAN !
Jawab :
            Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar